Tradisi Sabung Ayam Taji Toraja Yang Tersohor

Tradisi Sabung Ayam Taji Toraja Yang Tersohor

Sabung Ayam

Toraja adalah salah satu wilayah yang memiliki tradisi sabung ayam taji dimana kebudayaan ini sudah diturunkan dari nenek moyang mereka. Slogan yang terkenal dari wilayah toraja ini adalah ayam jantan dari timur dimana toraja menjadi penghasil ayam aduan terkuat diseluruh indonesia. Selain dari itu bagi masyarakat toraja anak muda yang dikatakan sudah beranjak dewasa harus melakukan sabung ayam taji sesuai dengan tradisi yang diturunkan dari sejak dahulu kala.

Sabung Ayam Toraja

Pertama-tama, dua orang pemilik sabung ayam jago masuk ke dalam arena. Setelah itu, keduanya memasangkan taji pada kedua kaki ayam jantan tersebut. Jumlah Taji besi yang di pasang juga tergantung akan kesepakatan, bisa satu atau dua bilah. Taji Besi tajam dipasangkan pada kaki ayam dan ujungnya menghadap ke belakang dan posisinya agak miring. Setelah masing – masing dari ayam sudah di pasangkan taji, keduanya akan di lepaskan saling berhadapan.

Kedua Ayam akan di biarkan dalam satu arena sampai salah satu dari ayam tersebut ada yang kalah. Tanda kalah biasanya berupa ayam lari , Ayam mati terkena Taji atau ayam dia saat di serang. Selama beradu pemilik ayam berada diluar arena dan tidak boleh masuk kecuali pertandingan telah berakhir dan untuk mengambil ayam mereka masing-masing.

Jika ayam diam saat diserang, ayam dinyatakan kalah. Namun, untuk memastikan, pemiliknya akan mengambil ayamnya, lalu memasangkan kayu bercagak yang telah disiapkan pada leher ayam. Setelah itu, ayam yang menang diminta mematuk kepala ayam tersebut. Jika dapat mematuk sampai 3 kali, maka ia dinyatakan menang. Adapun jika tidak, maka permainan dianggap seri.

Sabung Mempuai arti dalam kata kerja yang berarti untung-untungan (usaha atau langkah percobaan terakhir). Biar kalah – asalah menang suara sorakan, biar duit habis asalkan hati senang.

Didukung Oleh :

sabung ayam resmi
bonus sabung ayam
aplikasi sabung ayam
sabung ayam pw
sabung ayam sm558

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *